Tutorial: Remote Desktop via Google Hangouts

Punya partner jarak jauh? Tenaaanng, teknologi canggih mendekatkan kita. Pengalaman harus komunikasi sama Dwi yang di Bogor, Mba Nurul yang di Jogja, Mas Sugeng dan Om Farhan yang mobile, serta kawan-kawan lain yang berada nun jauh disana membuatku sedikit bergantung pada aplikasi Google Hangouts baik untuk chat, call bahkan video call. Nah, baru-baru ini aku lumayan memanfaatkan Google Hangouts ini lebih jauh, yaitu penggunaan fitur Remote Desktop. Apa tuh Remote Desktop? Kalo sepengertianku sih mengontrol laptop/komputer lain dari jarak jauh. Aku biasanya pake fitur ini untuk minta diajarin/ ditunjukin sesuatu sama orang yang lagi berjauhan jaraknya. Terus kadang juga untuk minta tolong dicek misalnya laptopku error atau ada gangguan. Contohnya sebelum berangkat ke Berau, laptopnya Bang Arief rencananya mau diinstallin Aplikasi Desa tapi ga bisa, nah Mas Sugeng yang entah berada dimana ngecek laptop Bang Arief pake Remote Desktop. Ada yang mau coba aplikasi ini? Bisa buat lihat-lihat isi laptop orang lain lhooooo, tapi harus seijin yang punya laptop. heheheee

sebelum nyoba fitur ini, monggo dicek dulu beberapa hal yaa:

1. Punya akun gmail.

2. Koneksi internetnya oke, karena akan menggunakan video call.

 

Cara penggunaannya:

1. Login gmail

2. Klik teman yang mau kita ‘bajak’ laptopnya di friendlist yang ada disebelah kiri.

3. Setelah tab chat google hangoutsnya muncul, klik icon video recorder di bagian atas tab untuk memulai video call. nanti akan muncul gambar seperti ini:

RD4

 

 

 

 

 

 

4. Klik icon yang seperti pelampung (dibawah icon kamera). Jika icon tersebut belum ada, bisa klik icon titik 3 yang paling bawah untuk menambahkan fitur remote desktop.

5. Akan muncul pop up message untuk menanyakan apa kita akan membantu teman kita tersebut. pilih ‘Help (nama teman)’

6. Tunggu teman kita menerima bantuan kita.

7. Setelah teman kita menerima bantuan kita maka akan muncul dilayar kita tampilan monitor teman kita tersebut. kita bisa menggerakan mouse mereka, melihat-lihat isi laptop mereka selayaknya kita menggunakan laptop sendiri.

8. Setelah selesai, klik ‘end’ yang ada di bagian atas monitor.

 

Selamat mencoba ‘ngebajak’ laptop orang lain dari jarak jauh, kawan-kawaaaann. Hihiiii..