Tutorial: Membuat Daftar Isi Otomatis pada Ms. Word

Kalo aku biasanya duduk samping-sampingan sama Dwi biar bisa saling ‘nyontek’ kerjaan, tapi khusus kemarin siang aku duduk di sebelah Mas Bay (panggilanku untuk Mas Bayu) yang ahli IT. Aku yang lagi ngerjain Panduan Aplikasi SIMPUL Desa, copy paste beberapa langkah yang sama ternyata bikin lieur juga euy. Kalo ga teliti bisa salah copas. Hehehee.. Ngeliat aku scroll up scroll down terus, mungkin bikin Mas Bay ‘gatel’ pengen ngasih tau aku shortcutnya. Trus Mas Bay bilang, “kan bisa bikin daftar isi otomatis, May. Jadi ga ribet nyari-nyari halaman gitu.” Dengan mata berbinar-binar aku jawab, “ohya? Gimana caranya, Mas Bay?” Trus diajarin deh cara bikin daftar isi otomatis di Ms. Word. Mau tau juga gimana caranya? Sapa tau bermanfaat untuk yang lagi bikin laporan. Heheee~~

1. Letakan kursor di depan judul yang akan dimasukan ke daftar isi (Misalnya: Kata Pengantar, Latar Belakang, dll).
2. Klik panah kecil di kanan bawah menu style.
3. Untuk menu-menu utama pilih heading1.

daftar isi1

4. Ulangi terus cara 1,2 dan 3 di setiap menu yang akan di masukan ke daftar isi. Untuk menu-menu turunan/sub-menu, pilih heading2. Untuk turunan dari sub-menu pilih heading3. Begitu seterusnya.

daftar isi2
5. Biasanya untuk sub-menu diberi nomor, maka letakan kursor di depan sub-menu yang akan diberi nomor, kemudian klik numbering.

daftar isi3
6. Setelah selesai, pastikan kembali isi dari masing-masing menu tidak dalam format heading. karena jika dalam format heading, maka isi menu tersebut akan ikut terbawa ke dalam daftar isi. jika ada yang dalam format heading namun tidak ingin dimasukan ke daftar isi, maka diubah menjadi normal.

daftar isi4

7. Kemudian rapikan semua tulisan yang berubah karena proses pengeditan tadi. Misalnya font, warna, dll.

8. Langkah selanjutnya adalah menambahkan halaman kosong untuk daftar isi. Caranya adalah dengan cara: misalnya daftar isi letaknya setelah cover, maka letakan kursor di akhir halaman cover kemudian klik Insert ->  Page -> Blank page.

daftar isi5
7. Setelah ada halaman kosong, klik References -> Table of Contents -> Automatic Table 1.

daftar isi6

8. Maka akan muncul daftar isi beserta halamannya. Ga perlu capek bikin titik-titik kan?! hehee.. Kata Content dapat diubah menjadi Daftar Isi.

daftar isi8

9. Jika setelah dibuat daftar isi kemudian terjadi perubahan pada isi tulisan/halaman, maka daftar isi tersebut bisa di up-date dengan cara klik Update Table yang ada di bagian atas Daftar isi tersebut. (Update page number only: digunakan bila perubahan hanya terdapat dalam isi tulisan tersebut sehingga menyebabkan perubahan pada halaman, namun tidak mengubah heading. Update entire table: digunakan bila ada perubahan pada heading berupa penambahan, pengurangan ataupun mengganti judul heading).

daftar isi9

10. SELESAI

Hehehee.. Agak ribet sih, tapi kan jadi ga perlu bikin titik-titik sendiri, ga ngetik angka sendiri, ga perlu scroll up scroll down buat liat halaman dari menu-menu yang ada di daftar isi dan kalo ada perubahan bisa di update. Selain itu juga lebih rapi dan meminimalisir kesalahan pada penulisan halaman.

~~Selamat mencoba dan semoga bermanfaat~~