Tutorial: Membuat Halaman dengan Format Berbeda pada Ms. Word

Holla Penabuluers!! Ayem kombek~~

Masih ada hubungannya sama tulisan aku sebelumnya tentang pengoperasian Ms. Word, kali ini tentang membuat format halaman yang berbeda dalam satu file yang sama. Aku biasanya kalo bikin laporan/makalah itu selalu dibagi jadi 3 file. File khusus cover yang tidak menggunakan halaman, file berisi kata pengantar, daftar isi, dll (format halamannya i, ii, iii, dst) dan file berisi BAB I, BAB II, dst (format halamannya 1, 2, 3, dst). Tapi setelah beberapa minggu yang lalu dikasih tahu Mas Bayu tentang cara membuat halaman yang berbeda dalam satu file yang sama, kemarin aku praktekin dilaporan yang dibuat Headhi. Kebetulan Headhi minta tolong dibuatkan format halaman yang berbeda. Jadilah laporan si Headhi jadi kelinci percobaanku. Hohoooo~~

Untuk membuat format halaman yang berbeda dalam satu file, dapat dilakukan langkah berikut:

1. Buat laporan dalam satu file, dari mulai cover hingga bagian akhir laporan tersebut. Jika laporan sudah terlanjur dibuat terpisah, bisa disatukan terlebih dahulu.

2. Beri halaman pada laporan yang sudah lengkap tersebut dengan cara klik Insert -> Page Number -> pilih format halaman yang diinginkan (Top/Bottom, dll).

3. Setelah diberi halaman, halaman cover akan menjadi halaman 1 sedangkan cover tidak menggunakan halaman. Cara menghilangkan halamannya adalah dengan letakan kursor di paling awal halaman 2. Kemudian klik Page Layout -> Breaks -> Next Page.

foto1

4. Setelah dibreaks, klik footer pada halaman kedua, kemudian non aktifkan Link to Previous.

foto2

5. Hapus footer halaman pertama dengan cara klik footernya, kemudian hapus manual angkanya. Kemudian cek pada halaman 2, jika halaman 2-nya masih ada dan tetap jadi halaman 2, berarti berhasil. Jika halaman 2-nya hilang, yak selamaaaaattt~~ silahkan coba lagiiiii~~^^

6. Untuk halaman berikutnya yang berisi kata pengantar, daftar isi, dll biasanya dibuat format halaman i, ii, iii, dll. Caranya dengan meletakan kursor pada halaman kedua, kemudian klik Insert -> Page Number -> Format Page Number.

foto3

7. Setelah diklik Format Page Number akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah, kemudian ubah formatnya sesuai gambar dibawah.

foto4

8. Setelah klik OK, maka halaman akan berubah format menjadi i, ii, iii, dst (kecuali halaman cover yang sudah dhilangkan halamannya)

9. Selanjutnya untuk membuat format halaman pada BAB I, BAB II, dst dengan format halaman 1, 2, 3, dst. Cara yang dilakukan kembali ke langkah membreaks halaman pada langkah sebelumnya. Letakan kursor pada awal halaman yang akan diubah format halamannya. Kemudian klik Page Layout -> Breaks -> Next Page.

foto5

10. Setelah dibreaks, ubah format halaman dengan cara klik Insert -> Page Number -> Format Page Number. Kemudian ubah format halaman menjadi seperti gambar dibawah.

foto6

11. Setelah klik OK, maka jadilah format halaman yang berbeda dalam satu file Ms. Word.

Memang caranya agak sedikit ribet dibandingkan dengan cara dibuat file yang berbeda, namun dengan cara ini mengurangi resiko file yang tercecer atau salah pasangan file. Nanti malah cover dengan isinya berbeda atau daftar isi tidak sesuai dengan isinya karena dibuat di file yang berbeda (nyempil curhatan pengalaman aku, hahahahaa).

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat~~^^

activate javascript