Throwback: Kajian Menu TPAD di Website Pemerintah Kabupaten/Kota

Keingetan beberapa waktu lalu diajak chat sama mba nurul yang lagi perih matanya karena entry data desa yang buuaannyyaakk. Mau istirahat dulu katanya, tapi istirahat pun tetep ngomonginnya kerjaan. Hahhaaa.. Kami ngebahas salah satu fasilitas dari Kemendagri untuk desa yaitu web Prodeskel (Profil Desa dan Kelurahan). Pejabat desa diminta mengisi profil Desa/Kelurahan masing-masing di web tersebut, katanya sih untuk menentukan dana yang akan diberikan ke masing-masing desa/kelurahan, karena dana tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masing-masing. Tapi ternyata terdapat kendala utama yaitu koneksi internet di Desa! Ada pejabat desa yang sampe berangkat ke kota dengan waktu perjalannya berjam-jam buat nyari koneksi internet kemudian entry profil tersebut. Repot kan? Trus ngomong-ngomong soal web pemerintah, aku jadi keingetan sama kerjaan pertamaku di penabulu. Kajian menu TPAD (Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah) di website resmi pemerintah Kabupaten/Kota.¬†Waktu itu ngecek sekitar 500an website pemerintah untuk diliat apa ada menu TPAD-nya? Apakah lengkap isinya? Apa bisa diakses? Dsb. Kebayang dong kerja keras browser laptop aku.. Hehehee.. Aku ga akan bahas hasilnya disini karna bisa diliat di buku yg ada di ruang Interface Tower 2. Tapi waktu ngerjain itu, walopun mata perih, sepet dan panas liat monitor terus, tapi terkadang ada hiburannya juga lhoo.. Yang aku inget banget adalah ada salah satu web kabupaten/kota yang tidak ada menu TPAD tapi ada link untuk unduh foto bupati. Terus aku tanya ke orang-orang yang aku pikir lebih paham soal konten web pemerintah, ‘untuk apa ya download foto bupati?’ Trus mereka malah ketawa.

bupati gresik

Trus ada juga yang typo di web pemerintah yang semestinya berbahasa formal dan sesuai EYD. Aku cuma bisa nyengir pas bacanya.. hihihiii

kab. tanah bumbu

Asli loh ini bukan hoax, tapi screencap aku waktu ngerjain kajian TPAD itu. Bukan maksud untuk menjelekan website pemerintah, tapi iseng aja karena bikin salah fokus kerjaan, eh sekarang malah berguna buat bikin tulisan. hihiii..